potret prestasi mahasiswa ugm

Potret prestasi mahasiswa UGM

UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, dan merupakan pencetak pemimpin-pemimpin bangsa yang sampai sekarang masih berlangsung. Siapa yang tidak tahu Jokowi, presiden ke 7 republik ini, beliau adalah lulusan dari departemen kehutanan di UGM. Bapak Pratino mantan rektor seblumnya yang menjadi sekretaris kabinet, Ganjar Pranowo Gubernur Jateng. Dll.

Di tulisan ini kami akan menyajikan potret mahasiswa berprestasi di UGM dan Alumni yang telah sukses. Agar menyemangati kita untuk bisa seperti mereka. Disini saya akan menyajikan beberapa berita yang memuat tentang prestasi yang telah di capai oleh mahasiswa ugm.

Prestasi kembali  ditorehkan mahasiswa FISIPOL UGM di tingkat nasional. Kali ini tim Debat Bahasa Indonesia UGM berhasil meraih juara I dalam Indonesian Debate Competition – International Accounting Week ke-2 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diselenggarakan pada 2 Maret 2016 lalu. Tim UGM C  dengan  nama ‘Rumah Cokro’ ini diperkuat oleh Joko Susilo (Department Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL), Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia (Department Politik Pemerintahan FISIPOL dan Safira Salsabila (Department Hukum, FH)

 

Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM, Michael Jose Mairing, berhasil meraih juara 1 Editorial Cartoon Contest yang diselenggarakan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) bidang kehutanan. Penghargaan best editorial cartoon diserahkan dalam acara Asia Pasific Forestry Week (APFW) 2016 pada 22-29 Maret lalu di Filipina.

Jose mengatakan dia berhasil memenangkan kontes editorial kartun dengan mengirimkan karyanya yang diberi judul “Protect Our Future”. Dalam karyanya tersebut Jose menggambarkan kondisi hutan di Indonesia yang dilematis. Pada satu sisi, berbagai pihak gencar melakukan upaya penyelamatan hutan melalui sejumlah aksi, salah satunya penanaman pohon. Sementara di sisi lain, banyak dilakukan pembukaan lahan hutan untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit yang berujung pada kerusakan dan kebakaran hutan.

 

Sebanyak 24 mahasiswa UGM berhasil lolos melaju ke Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) Perguruan Tinggi tingkat nasional. Rencananya, ON-MIPA tingkat nasional akan dilaksanakan pada 23-27 Mei mendatang di Jakarta.

Ketua kontingen ON-MIPA UGM, Erwin Eko Wahyudi, mengatakan ke-24 mahasiswa UGM tersebut terpilih melalui seleksi ketat ON-MIPA tingkat regional kopertis wilayah V pada 5-6 April lalu di Universitas Sanata Dhrama Yogyakarta. Dalam kegiatan itu, UGM mengirimkan 28 mahasiswa yang sebelumnya sudah melalui proses seleksi di tingkat universitas. Mereka dikirim untuk mengikuti seleksi di empat bidang yaitu matematika, kimia, fisika, dan biologi.

 

Mahasiswa UGM berhasil membawa pulang dua medali dalam Kejuaraan Terbuka Shorinji Kempo Tingkat Mahasiswa Se-ASEAN 2016.  Muhammad Fadli Rozamuri (Teknik Geologi) dan Anindra Guspa (S2-Psikologi) menyabet medali perak dalam kegiatan yang digelar 17-20 Maret 2016 lalu di Universitas Brawijaya ini.

Kejuaraan kempo tingkat mahasiswa se-ASEAN ini diikuti sebanyak 30 kontingen mahasiswa dari berbagai universitas di kawasan ASEAN. Kompetisi ini diikuti 29 kontingen universitas dari Indonesia, 1 kontingen dari Timor Leste, dan 1 kontingen dari Brunei Darussalam.

 

Tim Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali menorehkan prestasi. Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Scudetto terdiri dari Edwin Adisasmita Indriantoro (Akuntansi 2012), Ikhsan Brilianto (Akuntansi 2012), dan Adrianus Rio Pradiptaputra (Manajemen 2012) terpilih menjadi tim terbaik dalam ajang Jiwasraya WOW Case Competition yang diselenggarakan pada 28 Maret 2016 di Auditorium RRI 2 Yogyakarta.

 

Mahasiswa Fakultas farmasi Universitas Gadjah Mada kembali mengukir prestasi dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional sebagai juara umum pada ajang Phytoplasm VIII yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Tanjungpura, Pontianak pada tanggal 18-20 Maret 2016. Kegiatan Phytoplasm membuka cabang kompetisi karya tulis ilmiah dan poster edukasi publik. Bidang kompetisi yang diikuti mahasiswa Fakultas farmasi UGM adalah lomba karya tulis ilmiah. Pada kesempatan kali ini, Fakultas farmasi UGM mengirimkan 3 tim delegasi untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

Sebanyak 8 tim finalis dari berbagai perguruan tinggi untuk mempresentasikan karya tulis mereka di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak. Tim pertama dari UGM maju dengan no urutan keempat, yang diketuai oleh Fitriana Hayyu Arifah dengan anggota Zahrotul Ulum dibawah bimbingan Prof. Dr. Suwijiyo Pramono, DEA., Apt. Tim ini membawakan karya tulis dengan judul ANDROPHY-MAX : Potensi Nanoenkapsulasi Kombinasi Ekstrak Herba Sambiloto (Andrographis paniculata) dan Ekstrak Daun Meniran (Phyllanthus niruri) sebagai Solusi Cerdas Atasi Penyakit Malaria. Tim ini mendapatkan juara 1 dalam ajang Phytoplasm VIII. Tim kedua dari UGM mempresentasikan karyanya dengan urutan kelima diketuai oleh Amila Ahsani dengan anggota Primastuti Vidyaningrum dan Annisafia Rizky yang dibimbing oleh Djoko Santosa, S.Si., M.Si., dengan judul Lunasia amara : Insektisida Alami untuk Menanggulangi Penyakit Endemik oleh Vektor Nyamuk Aedes aegypti. Tim kedua ini mendapatkan juara 3 pada event ini. Sedangkan tim terakhir yang diketuai oleh Nanda Rysa dengan anggota Anselma Ivanawati dan Ni Putu Ayu Linda maju dengan urutan ketujuh. Tim ini dibimbing oleh Dr. Erna Prawita., M.Si., Apt. membawakan karya tulis dengan judul Andropolis : Nanoenkapsulasi Kombinasi Andrografolid dan Propolis sebagai Solusi Alternatif atasi Tuberkulosis Tertarget Intraseluler Mycobacterium tuberculosis dan mendapatkan juara 2.

 

Aplikasi pelaporan jalan rusak karya mahasiswa UGM berhasil mendapatkan penghargaan Gold Winner pada ajang “Big Ideas Competition for Asia Urban Issues Using Data Innovation” yang diadakan oleh Korean Ministry of Science, ICT and Future Planning bekerja sama dengan United Nations Global Pulse. Aplikasi yang diberi nama “JalananYogya” ini dikembangkan oleh 1 orang mahasiswa Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi UGM yaitu Dzimar Akbarur Rokhim P (GIS Engineer) serta 2 mahasiswa Ilmu Komputer, Fakultas MIPA UGM yakni Derta Isyajora Rakhman (Project Manager) dan Zamahsyari (Developer). Sebagai peraih penghargaan Gold Winner, tim JalananYogya berhak mendapatkan hadiah senilai USD 2.500 dan sertifikat yang ditandatangani oleh Korean National Information Agency.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengumpulkan ide masyarakat  dalam menghadapi permasalahan urban menggunakan big data dan inovasi data serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi big data bagi kebaikan publik. Kompetisi ini terbuka bagi siswa SMA, Sarjana dan Pascasarjana dari seluruh negara di Asia. Menurut panitia, jumlah peserta yang mengirimkan proposal mencapai 200 tim. Dari 200 tim tersebut diseleksi 20 tim terbaik yang berhak melakukan presentasi final.

 

Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Satria Paramartha, kembali menorehkan prestasi setelah sempat menjuarai kompetisi Peradilan Semu di FH Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan FH Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun lalu. Minggu (10/4), delegasi komunitas tersebut  meraih Juara II dan mendapat penghargaan Panitera Terbaik pada Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional “Tindak Pidana Siber dan Telematika” Piala Frans Seda 2016. Delegasi yang beranggotakan 18 orang pemain dan 2 orang official team  ini didampingi oleh M. Fatahillah Akbar, S.H., LL.M., selaku dosen pembimbing.

Kompetisi yang  diselenggarakan oleh  Organisasi  Mahasiswa  Atma Jaya  Moot  Court  Guild  (AMG)  dan  Senat  Mahasiswa  Fakultas  Hukum  Universitas  Katolik Atma Jaya periode 2015/2016 ini berlangsung selama tujuh hari. Kompetisi tersebut dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan final. Tahap penyisihan diadakan dalam bentuk presentasi pada tanggal 25—28 Februari 2016. Sedangkan tahap final merupakan tahap persidangan yang dilaksanakan pada 8—10 April 2016. Kasus posisi yang diangkat pada kedua tahap tersebut adalah kasus  pembobolan bank dan kecurangan lelang yang marak terjadi beberapa tahun belakangan.

 

usticia Basketball Club (JBC) dan Justicia Football Club (JFC) berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi Atma Jaya Law Festival pada Jumat (15/4). Atma Jaya Law Festival merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta untuk mempererat tali silaturahmi antar Fakultas Hukum se-Indonesia. Baik pertandingan basket maupun mini soccer diadakan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 11—15 April 2016.

Pada kesempatan itu, JBC berhasil meraih juara 3. Tim yang terdiri dari 12 orang pemain dan 1 manajer ini memperoleh prestasi tersebut setelah berhasil mengalahkan tim basket dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Muhammad Yavad Vashogi, ketua JBC, mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama komunitas basket Fakultas Hukum UGM tersebut meraih prestasi di tingkat nasional. Yavad mengharapkan agar komunitas ini selanjutnya bisa mempertahankan serta semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi tersebut.

 

Lima mahasiswa UGM mengembangkan sistem pertanian hidroponik dan aquaponik. Dalam pengembangan pertanian itu mereka menggandeng kalangan muda Desa Pucanganom 1, Sanden, Bantul.

Program alokasi pengembangan aquaponik vertikultur sayur-ikan desa atau yang disebut Aloevera ini dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) UGM. Bima menjalankan program ini bersama dengan Hengky Anang Wijaya (D3 Elektronika dan Instrumentasi SV), Rahma Firdiana Nurnahar (Fakultas Pertanian), Rima Darmawanti (Fakultas Teknologi Pertanian) serta Rian Nur Hidayat (FEB).

 

UGM sent students to participate in the arts and culture events at the world level which areEnsamble of Gamelan (EOG) and the Festival of Colours of the World (FESCO). The events were held from 15-16 April 2016 at Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia. In this mission UGM sent three teams which consisted of Javanese culture unit of Surakarta style (UKJGS), Rampoe, and Gasita units.

EOG was attended by 35 teams from several universities in Malaysia, Brunei, and Indonesia. While FESCO was attended by 24 teams from universities in Indonesia and Malaysia.

 

Tim Mahasiswa DTSL Berhasil Meraih Juara III Kompetisi Rancang Bangun “Innovation of High Strength Fiber Concrete Competition” 2016

Kompetisi Rancang Bangun “Innovation of High Strength Fiber Concrete Competition” 2016 berlangsung di Universitas Udayana, Bali pada bulan Maret 2016 yang diikuti oleh beberapa Universitas di Indonesia. Tim dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan diwakili oleh mahasiswa :

Agusta Ramawan

  1. Ibnu Hakim
  2. Yudha Aditya

 

Lomba Indonesia Chemical Engineering Challenge (IChEC) yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung telah berlangsung sejak 17 tahun yang lalu. Lomba ini diadakan untuk mahasiswa teknik kimia tingkat regional ASEAN, dan untuk tahun ini diikuti oleh berbagai mahasiswa teknik kimia dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Terdapat 4 mata lomba yang diperlombakan yaitu lomba rancang pabrik (plant design competition), lomba problem solving, debate competition, dan poster competition.

Tahun ini Departemen Teknik Kimia UGM berhasil meraih juara 1 dan 2 masing-masing pada lomba Plant Design dan Problem Solving. Juara 1 diraih oleh tim PD73 yang terdiri dari Muhamad Hartono (Teknik Kimia 2012), Adimas Prasetyaaji (Teknik Kimia 2012), dan Ghazy Ammar Nafis (Teknik Kimia 2012) dengan judul MEGATRON Project (Mono Ethylene Glycol/MEG Plant for ASEAN Textile Industry from Coal Based Syngas). Pabrik yang dirancang oleh tim ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan batubara lignit di Indonesia menjadi bahan kimia yang bernilai lebih tinggi, yaitu Monoethylene Glycol (MEG). Bahan baku utama dari pabrik ini adalah batubara berjenis lignite yang memiliki jumlah melimpah di Sumatera Selatan namun masih sekedar dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Di sisi lain, MEG merupakan bahan baku pembuatan poliester yang memiliki pangsa pasar yang baik di Indonesia. Poliester merupakan bahan yang penting bagi industri tekstil, dan industri ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 10-70% dari total tenaga kerja di sektor industri. Selain itu, industri ini akan diprediksi terus meningkat karena penggunaan cotton telah digantikan oleh poliester karena sifatnya yang tahan lama, tahan terhadap bakteri, dan juga ringan. Rancang pabrik yang dibuat oleh team PD73 UGM memang fokus pada keunggulan performa proses sintesis, perancangan process safety yang sangat komprehensif, serta upaya minimasi dampak negatif terhadap lingkungan ketika pabrik dibangun

 

Empat mahasiswa UGM berhasil memenangkan kompetisi internasional tingkat asia Pasifik dalam perlombaan konsep desain hunian pemukiman ramah lingkungan, Young Leaders Build, yang dilaksanakan oleh organisasi Habitat for Humanity yang bermarkas di Filipina. Keempat mahasiswa ini terdiri dari Irvandias Sanjaya (Psikologi), Cindy Shandoval (FIB), Elsana Bekti Nugroho (Teknik Arsitektur), dan Ayu Indah Lestari (Sekolah Vokasi) menawarkan konsep desain rumah Psy-Cul-Lar. Mereka berhasil masuk dalam daftar sembilan pemenang yang diumumkan bersama 8 pemenang lainnya yang berasal dari Nepal dan Bangladesh.

.

Mahasiswa Teknik Geologi UGM Memenangkan National Student Paper Competition di UNHAS

Pada tanggal 8-12 Februari 2016, diadakan kegiatan Celebes Geo Summit 2016 yang diadakan oleh Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini bertajuk “Independency of Indonesia with Energy Diversification and Sustainable Development”, dengan serangkaian acara yang berupa seminar nasional, pelantikan Ketua IAGI Pengda SULTANBATENG, national student paper competition, field trip dan geowisata.

Universitas Gadjah Mada mengirimkan satu tim delegasi lomba yang diketuai oleh Putra Herianto, mahasiswa aktif teknik geologi UGM angkatan 2012 dengan anggota kelompok, Ichsan Ramadhan, mahasiswa baru teknik geologi UGM angkatan 2015. Mereka membawakan sebuah paper dengan tema culture dan geotourism yang berjudul “Baginda Hill: Geoheritage of Belitung Island, Indonesia”. Lokasi pengambilan data penelitian tersebut berada di Bukit Baginda, tepatnya di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, yang juga merupakan lokasi KKN-PPM 2015 yang dilakukan oleh ketua kelompok.

 

Lima Mahasiswa Teknik Pertanian UGM Ciptakan ISIS : Pengendali Irigasi Pertanian Lahan Pasir Pantai 

Lahan Pantai memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai kawasan pertanian. Pemanfaatannya kini telah banyak dilakukan, salah satunya di daerah pantai selatan Yogyakarta. Namun, persoalan irigasi yang tidak efisien dan kerusakan fisiologis tanaman akibat kadar garam yang terbawa oleh angin laut masih menjadi kendala utama dalam pengembangan pertanian di lahan pasir pantai.

Berangkat dari permasalahan tersebut, lima mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian FTP UGM terdorong untuk menciptakan alat guna mengatasi hal tersebut. Mereka adalah Mohammad Taufik Hidayatullah, Dwi Noor Rohmah, Haryo Prastono,Utik Tri Wulan Cahya,serta Shofwatul Fadilah yang membuat sebuah sistem kendali otomatis berbasis mikrokontroler pada sistem irigasi tetes yang dipadukan dengan sistem pembasuhan garam pada daun tanaman pertanian di lahan pasir pantai yang diberi nama ISIS (Intregated Irrigation System).

 

Sebanyak 7 Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) UGM, Program Studi D3 Bahasa Korea mengikuti program pertukaran pelajar dan studi lanjut pada 2 Universitas di Korea. Ketujuh mahasiswa tersebut, 5 diantaranya mengikuti program pertukaran pelajar di Gangneung Wonju National University (GWNU) selama 2 semester yaitu Leliyana Putritama, Anugrah Anggraeni, Ahadilla Nur’ais Hartono Putri, Mar’atus Solikhah, dan di Gyeongsang National University (GNU) selama 1 semester, yaitu Irawan Setiadi. Sementara itu, 2 orang lainnya, Indhira Kusuma Wardani dan Aruna Pandu Ardiyan mengikuti program studi lanjut S1 di GWNU Korea.

 

 

Sumber :

http://fisipol.ugm.ac.id/

http://ugm.ac.id/id/berita/11501-mahasiswa.kehutanan.ugm.menang.kontes.kartun.editorial.fao

http://ugm.ac.id/id/berita/11538-24.mahasiswa.ugm.lolos.on-mipa.pt.tingkat.nasional

http://ugm.ac.id/id/berita/11492-atlet.ugm.sabet.2.medali.perak.kejuaraan.kempo.se-asean

http://feb.ugm.ac.id/id/berita/1078-tim-feb-ugm-terbaik-dalam-jiwasraya-wow-case-competition.html

http://farmasi.ugm.ac.id/berita-234-mahasiswa-farmasi-ugm-raih-juara-umum-lomba-karya-tulis-ilmiah-tingkat-nasional-di-farmasi-universitas-tanjungpura.html

http://geo.ugm.ac.id/v2/index.php/2015/07/02/mahasiswa-ugm-raih-golden-winner-dalam-ajang-big-ideas-competition-for-asia-urban-issues-using-data-innovation/

http://law.ugm.ac.id/?p=1160

http://law.ugm.ac.id/?p=1147

http://ugm.ac.id/id/berita/11531-mahasiswa.ugm.berdayakan.pemuda..melalui.pertanian.hidroponik

http://ugm.ac.id/en/news/11526-ugm.cultural.delegates.join.eog.and.fesco.events.in.malaysia

http://ft.ugm.ac.id/2016/03/tim-mahasiswa-dtsl-berhasil-meraih-juara-iii-kompetisi-rancang-bangun-innovation-of-high-strength-fiber-concrete-competition-2016/

http://ft.ugm.ac.id/2016/03/tim-departemen-teknik-kimia-ugm-juara-lomba-rancang-pabrik-ichec-2016/

http://psikologi.ugm.ac.id/mahasiswa-ugm-menang-kompetisi-young-leaders-build/

http://ft.ugm.ac.id/2016/03/mahasiswa-teknik-geologi-ugm-memenangkan-national-student-paper-competition-di-unhas/

http://tp.ugm.ac.id/berita/2015/06/194/lima.mahasiswa.teknik.pertanian.ugm..ciptakan.isis..pengendali.irigasi.pertanian.

http://sv.ugm.ac.id/main/2016/02/7-mahasiswa-vokasi-ugm-ikuti-program-pertukaran-dan-studi-lanjut-di-korea/

 

This entry was written by muhammad.ahsan , posted on Friday April 22 2016at 07:04 am , filed under Uncategorized . Bookmark the permalink . Post a comment below or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>